Bengkel perbaikan penyok

Cara Memperbaiki Body Mobil Yang Penyok

Pastinya jika kita mengalami sebuah insiden yang menyebabkan mobil pribadi anda mengalami benturan ringan. Maka  dapat menyebabkan kondisi mobil anda tidak sebaik sebelumnya seperti mengalami penyok atau lengkungan di bagian pintu, bemper, bodi mobil, dan lainnya. Selain itu banyak hal yang dapat menjadi penyebab bodi mobil anda menjadi penyok seperti terbentur sesuatu, kurang hati-hati ketika parkir, tertimpa benda dari atas dan masih banyak lainnya. Perlu anda ketahui body mobil merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan keeleganan mobil yang anda kendarai. Kemudian dengan kondisi body mobil yang rusak akan membuat mobil anda menjadi tidak menarik lagi dipandang. Umumnya pada permukaan mobil yang penyok sebenarnya dapat anda atasi dengan membawanya ke bengkel. Akan tetapi demikian akan membuat anda mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Hal lainnya lagi jika anda harus antri berjam-jam di bengkel untuk mendapatkan bodi mobil anda menjadi mulus seperti awalnya. Jangan khawatir anda dapat memperbaiki bodi mobil anda yang penyok itu sendiri di rumah tanpa harus body repair.  Berikut  ini merupakan beberapa solusi cara memperbaiki body mobil yang penyok.

1. Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Bukan hal yang tidak mungkin jika Anda dapat memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer dan dengan bantuan cairan karbondioksida. Tentu keduanya sebagai salah satu cara memperbaiki bodi mobil yang penyok. Menariknya Anda dapat membeli karbon dioksida cair di toko-toko kimia terdekat. Berikut langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan hair dryer:

  • Tahap awal siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair.
  • Kemudian nyalakan hair dryer kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok.
  • Setelah itu lakukan hal itu terus menerus hingga dirasa cukup panas. Perlu di perhatikan memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi parah atau tidak nya penyok mobil anda. Pada bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan setidaknya 3-5 menit.
  • Lalu tahap selanjutnya segera semprotkan karbon dioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan.
  • Tahap akhir tekan-tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.

Dengan cara ini tentu dapat memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin. Yang mana saat penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalam waktu yang singkat. Dengan hair dryer yang mampu meningkatkan suhu secaradrastis dan cairan karbondioksida mampu menurunkan nya secara cepat sekitar -109 derajat celcius. Maka  dengan perubahan suhu yang drastis dapat mengembalikan bentuk bodi mobil yang tadinya penyok menjadi rata dan kembali ke bentuk asalnya. Perlu anda ketahui untuk cara ini hanya dapat anda gunakan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

2. Air Panas

Selain cara di atas maka cara memperbaiki bodi mobil yang penyok lainnnya adalah dengan menggunakan air panas sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan cara sebelumnya. Akan tetapi namun bedanya hanya bahan untuk melenturkan bodi mobil kali ini tidak menggunakan hair dryer melainkan air panas. Maka dari itu berikut ini langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan menggunakan air panas yang dapat anda simak:

  • Tahap awal siapkan terlebih dahulu air panas yang akan anda gunakan untuk memanaskan bodi mobil anda.
  • Kemudian siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut ke bagian bodi mobil anda yang mengalami penyok. Pada tahap ini Anda dapat menggunakan teko atau ceret air sebagai wadah air panas tersebut.
  • Lalu gunakan kain untuk memberikan tekanan ke bagian mobil yang mengalami penyok hingga kembali ke bentuk yang sebelumnya.
  • Yang perlu anda perhatikan pada tahap ini adalah jangan terlalu keras untuk memberikan tekanan ke bagian mobil anda tersebut. hal ini karena akan terlalu terlewat sehingga membuat bentuk mobil anda berubah atau bahkan bodi dapat pecah.
  • Berikutbya ulangi langkah-langkah diatas hingga beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan cara memperbaiki bodi mobil yang penyok menggunakan air panas ini memang sudah cukup dikenal oleh kalangan umum. Menariknya  bahkan sudah banyak yang membuktikan cara ini. Hal seperti inipun dapat anda lakukan walau bagian bumper mobil anda memiliki sensor parkir belakang. Tetapi cara ini hanya dapat anda lakukan untuk jenis bumper yang berbahan plastik ataupun serat karbon. Hal ini agar pada saat anda menyiramnya dengan menggunakan air panas dapat memudahkan anda untuk menarik ke luar bagian mobil yang penyok tadi.

3. Es Batu

Bukan hanya metode memanaskan untuk bodi mobil yang penyok karena anda juga dapat memperbaiki mobil anda yang penyok tersebut dengan menggunakan metode lainnya. Dimana cara memperbaiki bodi mobil yang penyok selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu, pengering rambut (hair dryer), dan kompresor angin. Kemudian ketiga bahan ini dapat mengembalikan bodi mobil anda yang penyok ke bentuknya yang semula. Selain itu caranya pun sangat mudah maka berikut ini langkah-langkah mengembalikan bodi mobil anda yang penyok dengan menggunakan es batu:

  • Tahap awal siapkan bahan-bahan yang diperlukan
  • Kemudian Anda hanya perlu menempelkan es batu pada bagian mobil anda yang mengalami penyok dan biarkan kurang lebih selama 2 menit.
  • Lalu tunggu hingga terbentuk butiran butiran berbentuk salju yang keluar dan mengitari bagian mobil anda yang penyok tersebut.
  • Tahap selanjutnya lepaskan es batu tersebut dan gunakan hair dryer hingga bagian mobil anda yang penyok tersebut mulai hilang.
  • Tentu dengan cara seperti ini dapat anda lakukan bila kondisi bodi mobil anda tersebut tidak terlalu rusak parah.

Jika mobil anda tidak dapat bekerja semstinya maka kami rekomendasikan untuk segera menservice mobil anda. Di bengkel nantinya akan menggunakan Teknik PDR (Paintless Dent Removal) ini adalah sebuah teknik memulihkan penyok pada permukaan kendaraan tanpa harus merusak permukaan cat. Perlu anda ketahui teknik PDR dilakukan dengan cara menekan area-area tertentu pada bagian penyok dengan alat dan teknik khusus. Hal ini untuk menghasilkan kondisi penyok kembali ke posisi semula.  Metode ini berasal dari New York, Amerika yang mana teknik PDR telah lebih dari 50 tahun terbukti sebagai metode yang paling praktis dan biaya yang jauh lebih terjangkau dibanding teknik lain. Tentu dengan team yang berpengalaman, Teknik & alat yang professional, dan workshop dengan fasilitas yang lengkap, PDR Pro menyediakan servis terbaik yang bisa diandalkan.

Kelebihan

  • membantu memulihkan penyok dengan berbagai ukuran.
  • Tarif biaya lebih terjangkau.
  • Proses pengerjaan lebih cepat dan praktis.
  • Tidak memerlukan pengecatan ulang.

Kekurangan

  • Hasil kurang optimal di sudut tajam/baret mendalam.
  • Untuk bahan yang dapat diperbaiki hanya alumunium/baja.

Proses

  • Order  yakni proses pemeriksaan dan dokumentasi (Pencatatan, Foto, penentuan harga ) jumlah & area penyok untuk menentukan apakah dent bisa/tidak bisa diperbaiki dengan teknik PDR
  • Payment yakni tahap pembayaran sesuai dengan jumlah area yang akan diperbaiki.
  • Repairment adalah tahap kendaraan dibawa ke workshop untuk proses PDR.  Kemudian dikerjakan oleh tim terlatih, dengan pengecekan berulang2 hingga hasil optimal.
  • Check Out  yaitu tahap kendaraan diantar/dapat diambil di kantor kami. Dengan pengecekan ulang bersama tentu kendaraan anda sudah mulus kembali seperti semula.

Harga

  • Untuk Small Dent  Rp 100.000,-
  • Untuk Medium Dent Rp 200.000,-
  • Untuk Big Dent  Rp 300.000,-

Info

Alamat

Tepatnya di Ruko Mendrisio Square No. 26  dan Gading Serpong, Cihuni, Pagedangan, Tangerang, Banten 15332

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *